Perhatikan Hal ini Sebelum Meng-Upgrade Ram Pc/Laptop Anda

RAM ( Random Acces Memory ) mempunyai fungsi Utama untuk Menyediakan ruang(Space) data sementara saat komputer kita bekerja,membantu menyiapkan data – data yang akan di tindak lanjuti oleh cpu sebagai processor nya sehingga semua aktifitas komputer kita selalu menggunakannya saat bekerja. Semakin besar kapasitas ramnya maka semakin cepat proses kerja data yg akan diolah oleh komputer kita sehingga mempercepat kinerja komputer.

Berkembangnya zaman semakin berkembang pula software dan hardwarenya. Aplikasi yang semakin membutuhkan resource besar tak jarang menyebabkan pengguna merasakan laptop/pcnya menjadi lemot saat memproses suatu data, parahnya lagi terkadang juga sampai menyebabkan laptop menjadi hang. Dengan mengingat pentingnya RAM dalam kinerja sebuah laptop/pc, maka tak jarang sebagian dari kita ingin meng-upgrade RAM, untuk mendapatkan kinerja yang lebih mumpuni dari sebuah laptop/pc. Sebelum kita memutuskan untuk meng-upgrade RAM yang kita punya ada hal – hal yang terlebih dahulu perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yg tidak diinginkan terjadi di laptop/pc kita, diantaranya sebagai berikut :

1) Jika ingin Meng-Upgarde RAM sebaiknya tetap gunakan 1 slot yg ada di laptop/pc kita.

kita sudah tau bahwa pc/laptop kita biasanya di berikan 2 atau 3 slot untuk menempatkan ram, hal ini membuat banyak orang awam berfikir jika dia ingin menambah kapasitas Ramnya contoh dr 2 GB dirubah ke 4 GB, maka banyak yg menambahkan ram 2 Gb ke dalam slot yg satunya, sehingga slot 1 2Gb + slot 2 2GB = 4GB.

Hal ini sangat kurang dianjurkan, karna justru peng-upgrade tan seperti ini akan banyak menimbulkan masalah di PC/laptop anda, apalagi jika ram yg anda tanam di ke dua slot terebut berbeda merk maka semakin mengaggu kinerja laptop/PC anda. karena perbedaan merk ram akan memberikan kinerja serta kemampuan ram yg berbeda pula.

Maka Disarankan jika mengupgrade ram, gantilah ram anda dengan kapasitas yg lebih besar dengan menggunakan 1 slot saja. contah ram 2GB diganti dengan Ram 4GB.

2) Ketahui Tipe Ram PC/Laptop anda

jika anda ingin meng-upgrade ram maka anda harus membeli ram dengan tipe ram yg sama dengan ram sebelumnya.
tipe ram ddr1, tipe ram ddr2 atau tipe ram ddr3, karena jika berbeda tipe ram dengan yg ada dislot maka ram anda tidak akan bisa berfungsi.

3) Ketahui batas Upgrade PC/Laptop anda

 Sebelum anda melakukan upgrade ram, pastikan anda mengetahui batas pembacaan ram di Laptop/PC anda. Karena setiap pabrikan Laptop/Pc biasanya menyertakan batas kemampuan hardware saat di upgrade. contoh ram anda hanya mampu di upgrade sebesar 8 GB, maka jika anda mengupgrade ram anda sebesar 16 GB maka yg dapat di proses oleh laptop/pc anda cuma 8 GB sisanya tidak akan bisa terbaca, karna mengingat komponen lain yg bersinggunan hanya mampu maksimal memberikan kinerja 8 GB.

itulah sedikit hal yg harus diperhatikan sebelum anda melakukan upgrade ram laptop/pc, semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...