Lapak Instan

JBatik

JBatik adalah sebuah software yang digunakan untuk merancang/mendesain sebuah motif batik yang akan dibuat dikain batik dengan berbasiskan motif batik tradisional. JBatik ini adalah salah satu dari sekian banyak hasil karya anak bangsa yang luar biasa. Perangkat lunak tersebut mampu membawa batik berjalan seiring dengan kemajuan teknologi.

jbatikAplikasi ini mampu menciptakan motif-motif batik modern dengan berbasiskan desain batik tradisional. Pola-pola batik tradisional dipetakan secara matematis kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lunak sehingga menciptakan pola-pola batik yang baru secara digital. Secara lebih jelas, gambar batik mula-mula diolah dan dibuat distribusi frekuensinya. Kemudian dimensinya dihitung dan dibuat fraktalnya.  

Dari satu rumus Fractal, software jBatik dapat menghasilkan beragam motif baru dengan mudah hanya dengan mengganti parameternya. Sebuah motif juga dapat dikombinasi dengan motif lain untuk menghasilkan motif baru. jBatik juga menyediakan beragam contoh motif untuk membuat motif-motif baru. Motif tersebut juga dapat disimpan dalam format gambar ( *.jpg atau *.png ) atau 3D (*.obj) untuk kemudian diprint di kertas.

Software JBatik bisa untuk membuat di media apapun. Diantaranya pada wallpaper, desain kriya atau furniture seperti ukiran di kayu dan sebagainya. Namun saat ini fokus pada pengembangan kerajinan batik tradisional.

JBatik telah menunjukkan kolaborasi besar antara budaya dan teknologi. Ia menunjukkan bahwa keduanya dapat berjalan beriringan jika dieksplorasi lebih jauh, bukannya saling mematikan. JBatik sebenarnya lebih dari sekedar software desain. Software JBatik ini menggunakan komputasi fraktal. 

Secara sederhana, fraktal adalah konsep matematika yang membahas kesamaan pola pada semua skala. Pola batik yang sudah diterjemahkan dalam rumus fraktal ini dapat dimodifikasi dengan bantuan teknologi komputer sehingga menghasilkan desain pola baru yang sangat beragam. Keragaman desain ini dapat dilihat dari grafis, warna, ukuran, sudut dan perulangannya. Proses pembuatan motif Batik Fraktal dapat memecahkan masalah keterbatasan desain motif batik, bahkan dapat menghasilkan banyak motif secara cepat, mulai dari yang sederhana sampai yang sangat unik.

spesifikasi minimum komputer untuk memakainya adalah Processor Intel i3, RAM 1GB, Harddisk 35 MB dengan Sistem Operasi Windows XP ke atas, kapasitas 2,35Mb

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...