Lapak Instan

Pidgin Portabel


Pidgin adalah aplikasi messenger (chating) yang bersifat open source /sumber terbuka dimana kita dapat chatting menggunakan berbagai macam layanan chat yang ada di internet (Yahoo Messenger, MSN, mIRC, dan lain-lain) dalam satu aplikasi ini.  beberapa kelebihan Pidgin dibanding software chat yang lain:

1.)  Featur :
a. Multiple Login
Salah satu keunggulan Pidgin adalah user dapat memilih berbagai aplikasi chatting, seperti Yahoo Messenger, MSN, mIRC, Google Talk, dan lain-lain. Sementara di YM cuma bisa 1 saja, YM. Dari pidgin kita dapat login lebih dari 1 account Yahoo Messenger, sementara di YM hanya diizinkah 1 account saja.

b. Smile animation
Dalam Pidgin kita dapat menambah sendiri secara manual smile yang ingin kita munculkan. Sementara di YM kita hanya memakai yang sudah ada tanpa bisa menambah.

2.) Kecepatan
Dari segi kecepatan akses, Pidgin lebih unggul daripada YM. Mungkin karena tampilannya yang lebih simple tidak banyak menggunakan graphic membuat Pidgin lebih cepat dari pada pesaingnya, yaitu YM.

3.)  Compatibilitas
Pidgin dapat berjalan dengan sangat baik di Windows dan Linux, sedangkah YM berjalan baik di Windows, tapi tidak di Linux

 dengan pidgin kita dapat login ke multiple akun yang kita punya, contohnya kita punya akun MSN, AOL, Yahoo, Google, dsb tentu kalo mau login kita tak harus menjalankan berbagai aplikasi messenger, cukup satu aplikasi saja, yaitu pidgin

* Sejarah  Pidgin*
Pidgin (dahulu bernama Gaim) adalah sebuah software klien pesan instan  didasarkan pada pustaka libpurple. Libpurple mendukung banyak protokol pesan instan yang biasa digunakan, memungkinkan pengguna dapat memasuki berbagai layanan yang berbeda-beda hanya dari satu program aplikasi.Banyaknya pengguna Pidgin diduga lebih dari tiga juta pada tahun 2007. Baik Pidgin maupun libpurple adalah perangkat lunak bebas, dilepas ke hadapan umum di bawah pasal-pasal Lisensi Publik Umum GNU.Pidgin adalah front-end grafis untuk libpurple menggunakan GTK+[1]. Libpurple dikenal karena kemampuannya mendukung berbagai protokol pesan instan.Pidgin mendukung banyak sistem operasi, termasuk Windows juga sistem operasi bertipe Unix seperti Linux, BSD, Mac OS X, dan AmigaOS (melalui mesin X11). Ia memiliki dukungan terpaket untuk NSS, memberikan enkripsi pesan klien-ke-peladen untuk protokol yang mendukungnya. Program ini dapat diberi ekstensi melalui berbagai plugin, termasuk "Off-the-Record Messaging" dan enkripsi Pidgin, yang menyediakan enkripsi ujung-ke-ujung

Fitur-fitur Pidgin berupa alat-alat standar untuk sebuah klien pesan instan, seperti daftar kontak, transfer berkas pada protokol-protokol yang mendukung, dan riwayat pembicaraan/obrolan. Jendela obrolan paralel adalah fitur pilihan pada Pidgin. Jendela pesan instan berisi jendela pesan, alat pemformatan, dan kotak penyuntingan.

Mitra obrolan atau kontak (biasa juga disebut "Buddies") ditambahkan oleh jendela "Buddy List" atau oleh jendela pesan instan. Sebagai klien yang mendukung IRC dan program obrolan lainnya, Pidgin juga dapat menambahkan saluran IRC dan Obrolan pesan instan lainnya. Mitra obrolan dengan protokol majemuk dapat dikelompokkan ke dalam satu kontak tunggal sebagai ganti dari pengaturan protokol majemuk dan kontak dapat diberikan nama samaran atau dimasukkan ke dalam kelompok.

Untuk mencapai pengguna ketika mereka memasuki ruangan obrolan atau status perubahan muncul (seperti pindah dari "Away" ke "Available"), Pidgin mendukung skrip terautomasi on-action yang disebut Buddy Pounces untuk secara automatis mencapai pengguna menurut cara yang sudah dikostumasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...