Lapak Instan

JpegSnoop

JpegSnoop adalah sebuah software yang berfungsi untuk mendeteksi keaslian foto kita. Sering kali banyak foto yang beredar disekitar kita yang sudah dalam keadaan yang tidak original karena sudah di edit dengan menggunakan software image editing salah satunya yang terkenal adalah photoshop. Sekarang kita dapat melihat apakah sebuah foto diambil dengan menggunakan sebuah kamera digital atau hanya dibuat / dimodifikasi dengan menggunakan software / aplikasi image editing, salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi freeware bernama JPEGsnoop.  Setiap foto digital berisi banyak informasi yang tersembunyi sehingga jika foto itu diedit akan banyak informasi  yang akan kita dapatkan akan  hilang. Perlu kita ketahui, bahwa foto asli atau foto yang sudah dimanipulasi (diedit) sebenarnya tidak bisa ditentukan keasliannya hanya dari metadatanya saja, namun banyak hal yang harus diamati sebelum mengatakan sebuah foto asli atapun palsu. Misalnya mengamati proporsi gambar, sambungan antar gambar yang tidak masuk sempurna, perbedaan pixel warna, dan lainnya.
Dengan JPEGsnoop ini, kita dapat mendeteksi sebuah foto digital layaknya seorang pakar fotografi atau seperti ahli Telematika terkemuka yang sering  menyampaikan informasi tentang ke-original-an, atau asli tidaknya suatu foto yang beredar di sekitar kita.



jpegsnoop_view JPEGsnoop merupakan aplikasi gratis yang dapat mendeteksi apakah sebuah foto telah dimanipulasi atau merupakan sebuah foto original. JPEGsnoop dapat mendeteksi berbagai macam setting yang digunakan pada sebuah kamera digital (EXIF metadata, IPTC) dan juga dapat membandingkan sebuah foto dengan banyak parameter variasi kompresi. Parameter ini bervariasi, tergantung kamera atau software yang digunakan.



JPEGsnoop memberikan banyak informasi mengenai sebuah foto, termasuk quantization table matrix (chrominance dan luminance), chroma subsampling, perkiraan kualitas JPEG, setting resolusi JPEG, tabel Huffman, EXIF metadata, Makernotes, histogram RGB dan masih banyak lagi.
jpegsnoop dapat membaca file yang berformat :


.JPG -
.THM -
.AVI* -
.DNG -
.CRW, .CR2, .NEF, .ORF, .PEF - RAW Photo
.MOV* - QuickTime Movies, QTVR (Virtual Reality / 360 Panoramic) MOV * -
.PDF - Adobe PDF Documents PDF -


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...