Mempercepat Komputer Tanpa Software Tambahan


Cara mempercepat Komputer dengan Flashdisk atau Kartu Memori dengan menggunakan fitur yang ada di windows 7 yaitu ReadyBoost. ReadyBoost adalah sebuah fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows Vista, Windows Server 2008, dan Windows 7. Fitur ini bisa bekerja dengan menggunakan flash memory, drive USB 2.0, kartu memori Secure Digital (SD), CompactFlash, atau media penyimpanan massal lainnya yang berbasis flash memory untuk digunakan sebagai disk cache. Jadi pada intinya kita akan merubah kartu memori/flasdisk kita menjadi sebuah ram, dimana ram adalah salah satu hardware yang sangat menentukan kecepatan akses sebuah komputer/laptop kita. Dengan ReadyBoost ini kartu memeri kita akan dijadikan ruang penyimpanan data cache oleh komputer kita. dengan menggunakan jasa ReadyBoost yaitu fitur bawaan Windows ini, kita tidak memerlukan software pihak ke tiga untuk membuat flashdisk berfungsi seperti RAM sehingga akan mempercepat kinerja komputer yang kita miliki. 

ReadyBoost juga digunakan untuk memfasilitasi fitur SuperFetch, sebuah fungsi prefetcher yang sebelumnya ada dalam Windows XP, tapi diperbarui dalam Windows Vista, yang mampu melakukan analisis terhadap pola penggunaan disk saat proses booting berlangsung dan membuatkan sebuah tembolok (cache) yang kemudian dapat digunakan untuk proses booting berikutnya. (http://id.wikipedia.org/wiki/ReadyBoost)

Catatan sebelum menggunakan ReadyBoost
  • Sobat dapat mengaktifkan dan menonaktifkan ReadyBoost untuk flash drive tertentu atau perangkat removable storage (seperti USB Flashdisk atau kartu memori).
  • Untuk menjalankan ReadyBoost USB Flashdisk/flash drive atau kartu memori harus memiliki ruang kosong minimal 1 GB.
  • Jika flash drive atau kartu tidak memiliki cukup ruang tersedia untuk ReadyBoost, Kita akan melihat pesan yang mengatakan untuk membebaskan beberapa ruang di atasnya.
  • Untuk hasil terbaik, gunakan flash drive atau kartu memori flashdisk setidaknya memiliki ruang kosong 2 GB keatas.
Langkah-langkah Cara Setting/ menggunaan ReadyBoost :

1. Klik kanan pada USBflashdisk atau kartu memori, dan klik Properties. (Lihat gambar di bawah)



2. Untuk Turn On ReadyBoost dengan menggunakan semua flash drive atau ruang memori kartu yang kosong untuk ReadyBoost : Dedicate this deviceto ReadyBoost. (Lihat gambar di bawah)



3. Untuk menentukan berapa banyak ruang kosong pada flash disk atau memori yang akan digunakan untuk ReadyBoost sesuai pilihan kita (minimal 1 GB) : Pilih Use this device. (Lihat gambar di bawah)




4. Untuk Turn Off ReadyBoost Pilih Do not use this device.
5. Klik Apply - OK - Selesai.
Jika ada gambar loading silahkan ditunggu yang berarti bahwa  Windows sedang mengkonfigurasi cache ReadyBoost pada flash disk atau kartu memori yang telah kita atur.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...