Lapak Instan

Adobe AIR Installer


Adobe AIR adalah sebuah software yang berguna untuk para webmaster dalam membuat aplikasi berbasis web ataupun dekstop yang terkoneksi secara online. Bagi web developer, mengembangkan aplikasi web dengan Adobe AIR bisa jadi belum begitu populer dibandingkan platform lain seperti PHP, Java, VB.Net dan sebagainya. Bahkan bisa dibilang programmer yang tahu tentang Adobe AIR ini prosentasenya masih lebih kecil dibandingkan dengan yang belum mengetahuinya. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Adobe AIR sendiri baru dirilis sekitar awal tahun 2008.

Apa itu Adobe AIR? Adobe AIR adalah cross-platform runtime system yang memungkinkan web developer untuk mengembangkan dan menjalankan RIA (Rich Internet Application) layaknya aplikasi desktop. Istilah AIR sendiri merupakan singkatan dari Adobe Integrated Runtime. Dengan Adobe AIR web developer bisa membangun aplikasi desktop dengan HTML, JavaScript, Flex dan Flash. Berbeda dengan aplikasi web pada umumnya, aplikasi AIR ini di-install pada desktop dan bisa beroperasi secara offline. Karakteristiknya hampir sama dengan aplikasi desktop biasa.


Aplikasi AIR memiliki kemampuan untuk mengakses data yang tersimpan pada komputer lokal. Jadi dengan kata lain AIR bisa menyimpan, membuka, dan mengedit data atau informasi pada komputer client. Ini yang membedakannya dengan aplikasi web biasa yang berjalan di browser.

Contoh aplikasi yang dikembangkan dengan Adobe AIR yaitu eBay Desktop yang memungkinkan user untuk melakukan transaksi di situs eBay melalui aplikasi desktop tanpa harus selalu terhubung dengan Internet.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...