Google Earth

Google Earth adalah sebuah software yang berguna untuk menggambarkan bumi secara virtual dari keadaan bumi aslinya.  Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. dengan software ini kita sekarang tidak usah bingung bingunglagi jika ingin bepergian kesuatu daerah lalu kita tidak tahu peta daerah tersebut, hanya dengan menggunakan google erth inilah kita dapat menjelajah daerah yang belum kita kenal. google erth mampu menampilkan gambar 15meter dari bangunana aslinya sehingga bentuk rumah atau bangunan kita dapat terlihat dengan jelas, walaupun masih ada beberapa daerah tertentu yang belum mampu diambil gambarnya sedekat itu tapi kebanyakan hampir sudah bisa diambil dengan jarak dekat. Google Earth juga memiliki data model elevasi digital (DEM) yang dikumpulkan oleh Misi Topografi Radar Ulang Alik NASA. Ini bermaksud agar kita dapat melihat Grand Canyon atau Gunung Everest dalam tiga dimensi, daripada 2D di situs/program peta lainnya. Sejak November 2006, pemandangan 3D pada pegunungan, termasuk Gunung Everest, telah digunakan dengan penggunaan data DEM untuk memenuhi gerbang di cakupan SRTM. Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini menambah datanya sendiri dan menjadikan mereka tersedia melalui sumber yang berbeda, seperti BBS atau blog. Google Earth mampu menunjukkan semua gambar permukaan Bumi. dan juga merupakan sebuah klien Web Map Service. Google Earth mendukung pengelolaan data Geospasial tiga dimensi melalui Keyhole Markup Language.



fitur-fitur yang ada digoogle erth :

1. Google Ocean : Tambahan layer baru di Google Earth ini telah menjawab rumor tentang kehadiran Google Ocean. Sebelumnya Google telah mengupdate image dasar laut tersebut, namun belum dalam tampilan 3 dimensi. Google tidak menjadikan Google Ocean sebagai bagian tersendiri, namun menjadi satu dengan dengan Google Earth itu sendiri.

Layer Ocean menyediakan berbagai sumberdaya pengetahuan tentang laut dan dasar permukaan laut. Menu tersebut diantaranya Explore the Ocean, Ocean Sports, Ocean Expeditions, Animal Tracking, Census of Marine Life dan Underwater Features yang memuat content berupa video, foto dan artikel.


2. Historical Image : Google Earth menyediakan fitur baru yang tersedia di menu button, yaitu Historical Image.

Dengan menu ini, user bisa melihat transisi image dari waktu ke waktu sesuai dengan tanggal perekaman image. Sehingga user bisa menampilkan image dengan perekaman paling tua hingga yang terbaru dengan menggeser time sliding yang tersedia.

3. GPS Support : Menu GPS Support sebelumnya hanya tersedia di Google Earth Plus dengan membayar $2o per tahun, namun setelah layanannya tidak dilanjutkan lagi, menu GPS Support kini tersedia secara gratis bersama dengan Google Earth. Menu GPS tersedia di Tools –> GPS.

4. Google Mars : Untuk mengubah mode menjadi Google Mars, tersedia menu button dengan gambar planet merah, cek pilihan menjadi Mars. Google Earth akan melakukan transformasi dengan sendirinya mengubah tampilan menjadi planet merah, Mars. Simulasi yang tersedia sangat lengkap seperti halnya Google Earth, dengan layer image galery, place name dan terrain.



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...