Lapak Instan

UNetbootin

UNetbootin adalah sebuah software yang digunakan untuk melakukan instalasi OS khususnya linux dengan memakai flasdisk. Dengan kata lain software ini mampu menjadikan flasdisk kita menjadi  sebuah perangkat untuk membuat sistem Live USB. UNetbootin ini termasuk Perangkat yang cross-platform (dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi) dapat memuat berbagai macam perangkat sistem (system utilities) atau meng-install berbagai distro Linux maupun sistem operasi lain meski tanpa sebuah CD. Software ini sangat cocok sekali bagi kita yang mempunyai netbook/sejenisnya yang tidak terdapat cd roomnya sehingga instalasi operating sistem kita harus lewat flasdisk.

UNetbootin ini membuat USB flash drive dan USB Hard Disk Drive kita menjadi bootable; atau, dengan kata lain, membuat Live USB. Dan beberapa kelebihan lainnya antara lain :

  • Cross-platform (tersedia untuk Windows dan Linux)
  • Instalasi tidak merusak (tidak mem-format perangkat yang digunakan) menggunakan Syslinux.
  •  Mendukung distro-distro Linux utama, termasuk namun tak terbatas atas, Ubuntu, Fedora, openSUSE, CentOS, Debian, Linux Mint, Arch Linux, Mandriva, Slackware juga FreeDOS, FreeBSD dan NetBSD.
  • Dapat memuat berbagai system utilities, termasuk, tapi tak terbatas atas, Ophcrack, BackTrack, dan Gujin.
  •  Sistem operasi lain dapat dimuat melalui ISO image atau kernel, initrd dan floppy/hard drive disk image.
  •  Secara otomatis mengenali semua perangkat keras yang dapat dipisahkan (removable devices).
Ciri khas UNetbootin adalah dukungannya atas berbagai distro Linux, portabilitas, kemampuan untuk memuat kernel, initial ramdisk dan disk image (termasuk ISO image) yang ditentukan sebelumnya, dan dukungannya atas Windows dan Linux. Tidak seperti Wubi, dan mirip dengan Win32-Loader, ketika di-instal ke hard disk, UNetbootin di-instal ke sebuah partisi, bukan disk image, sehingga dapat membuat dual-boot antara Linux dan Windows.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...